MIE AYAM SPESIAL ‘ALA LELA (AGLEZTA)

MIE AYAM


Teng..teng..teng..teng,gitu dech kalo ngga salah suara jualan Mie Ayam yang lewat depan Rumah kita Di Indo,kalo salah maklumin aja dech,hehehe..
Ngga tau nich kok semalem tiba-tiba aja kangen dan kepengen makanan ini,untung persediaan bahan dikulkas ada ,akhirnya jadilah Mie Ayam special ala Dapurku..
Buatnya pun ngga jauh beda dengan Mie Ayam Jamur yang pernah gw bikin.
Enak banget lho makannya,apalagi kemaren badan rada-rada kurang sehat ketularan Virus dari Krucils,abis makan ini segar bo’..

BAHAN :
Mie kwitiew secukupnya,rebus dg air mendidih,tiriskan
250 gr Ayam
Daun sawi secukupnya potong sesuai selera
B.goreng
1/2 sdt merica bubuk
Bakso secukupnya
Tahu siap pakai secukupnya
4 siung B.putih
CARA MEMBUAT :


Rebus Ayam dengan 1 liter air,setelah matang angkat dan sewir-sewir atau potong dadu sesuai keinginan kita,sisihkan.
Lalu panaskan 2 sdm minyak,tumis b.putih lalu masukkan ayam dan beri sedikit garam dan air.Aaduk-aduk hingga rata,biarkan ada sedikit airnya,angkat.
Masak lagi Air sisa Rebusan ayam tadi dan tambah sedikit air lalu masukkan garam,merica,bakso dan tahu biarkan mendidih angkat.

Penyelesaian :
Tarok Mie dimangkok,tambahkan daging ayam,sawi , bakso ,tahu dan sedikit air rebusan bakso,aduk hingga rata,lalu tambahkan lagi kecap dan saos pedas atau sesuai selera kita,sajikan dengan di taburi b.goreng dan siap di sajikan.

( BY : LELA NURLELA               IX D )

Leave a comment »

RESEP MAKANAN ‘ ALA CHEF FENI……

Sega Jamblang

Berbagai macam lauk untuk nasi jamblang

Sega Jamblang (Nasi Jamblang dalam Bahasa Indonesia) adalah makanan khas masyarakat kota Cirebon, Jawa Barat. Nama Jamblang berasal dari nama daerah di sebelah barat kota Cirebon tempat asal pedagang makanan tersebut. Ciri khas makanan ini adalah penggunaan daun Jati sebagai bungkus nasi. Penyajian makanannya pun bersifat prasmanan. Menu yang tersedia antara lain sambal goreng (yang agak manis), tahu sayur, paru-paru (pusu), semur hati atau daging, perkedel, sate kentang, telur dadar/telur goreng, telur masak sambal goreng, semur ikan, ikan asin, tahu dan tempeserta tidak ketinggalan ‘blakutak’, sejenis cumi-cumi yang dimasak bersama tintanya. Sega Jamblang adalah makanan khas Cirebon yang pada awalnya diperuntukan bagi para pekerja paksa pada zaman Belanda yang sedang membangun jalan raya Daendels dari Anyer ke Panarukan yang melewati wilayah Kabupaten Cirebon, tepatnya di Desa Kasugengan. Sega Jamblang saat itu dibungkus dengan daun jati, mengingat bila dibungkus dengan daun pisang kurang tahan lama sedangkan jika dengan daun jati bisa tahan lama dan tetap terasa pulen. Hal ini karena daun jati memiliki pori-pori yang membantu nasi tetap terjaga kualitasnya meskipun disimpan dalam waktu yang lama. Keberadaan Sega Jamblang sebagai makanan khas Cirebon, tentunya tidak bisa dilepaskan dari sosok salah satu pedagangnya yang cukup tersohor, yaitu MANG DUL. Nasi Jamblang Mang Dul cukup dikenal oleh masyarakat Cirebon, bukan hanya bagi masyarakat kebanyakan, tetapi juga menyentuh kalangan pejabat. Hampir semua Kepala Daerah, baik itu walikota atu bupati Cirebon, pernah singgah di warung Sega Jamblang Mang Dul. Bahkan beberapa selebritis ibukota, jika singgah di Kota Cirebon, selalu menyempatkan mampir ke warung nasi ini. Sentra makanan Sega jamblang di Kota Cirebon saat ini terletak di wilayah Gunung Sari, sekitar Grage Mall. Warung ini tidak pernah tutup alias buka 24 jam. Walaupun menunya sangat beraneka ragam, namun harga makanan ini relatif sangat murah. Karena pada awalnya makanan tersebut diperuntukan bagi untuk para pekerja buruh kasar di Pelabuhan dan kuli angkut di jalan Pekalipan.

Bahan Resep Nasi  / Sega  Jamblang

Bahan:
12 potong tahu putih
8 butir bawang merah, iris halus
2 siung bawang putih, iris halus
2 batang daun bawang, potong 1 cm
2 buah cabai merah, potong miring, buang bijinya
1 buah tomat, potong 6
250 ml air
3 sdm kecap manis
1/4 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk

Cara Membuat Nasi Jamblang Khas Cirebon

Goreng tahu sampai kecoklatan, sisihkan
Tumis bawang merah dan bawang putih sampai layu. Masukkan daun bawang dan cabai merah.
Aduk hingga matang
Masukkan tomat, tahu, air, kecap, garam, dan merica.
Masak sampai kuah kental dan bumbu meresap
untuk 6 porsi

ES OYEN
ES OYEN merupakan variasi lain yang cukup populer di Bandung. Bahan utamanya adalah pacar cina, baik yang berbentuk seperti bulir padi ataupun bulat. Bahan campuran lainnya adalah kelapa muda, alpukat, kolang-kaling, dan nangka. Sebagai penyumbang rasa dan aroma adalah sirup vanila atau sirup gula beraroma pandan. Tak lupa, lelehan susu kental manis yang menambah segar!

Resep Es Oyen Bandung

Sip nih, ada resep Es Oyen dari Bandung. Kalo sebelumnya kita uda bahas resep nasi jamblang sekarang kita bahas resep ES OYEN.

Yang pertama harus disiapkan adalah bahan-bahannya, yaitu :
- Kelapa muda ang sudah dikerok
- Alpukat
- Nangka matang dipotong kotak-kotak kecil
- Rumput laut
- Pacar cina
- Kolang-kaling matang
- Susu kental manis
- Sirup rasa vanila
- Es batu (es serut)

Kalo uda siap, cara bikinnya cukup gampang. Pertama siapin mangkuk, terus taro alpukat, kelapa muda, kolang kaling dan bahan lainnya plus tambahin es serut ato es batu sama sirup rasa vanila sesuai selera.

Kalo uda, ambil pacara cina sama irisan nangka terus ditata biar kelihatan menarik. Abis itu tinggal tuangkan susu kental manis sesuai selera dan siap untuk dihidangkan. Gimana, mudah bukan? ;)

Cake Tape Kelapa Muda

cake tape kelapa muda Bahan:
300 gram tape buang seratnya
150 cc santan kental
Garam secukupnya
6 butir telur
150 gram gula pasir
120 gram tepung terigu
2 butir kelapa muda, keruk

Cara membuat:

  1. Blender tape bersama 150 cc santan kental dan garam.
  2. Kocok telur bersama gula pasir sampai mengembang. Masukkan tepung terigu. Aduk rata. Tuangkan adonan tape. Aduk rata kembali.
  3. Siapkan cetakan segi empat. Alasi kertas roti dan olesi minyak. Taruh separuh adonan. Kukus sebentar, lalu angkat. Taburi kelapa muda, lalu tuangi sisa adonan. Kukus kembali hingga matang.

Untuk 20 potong

Keripik Ubi Kayu Balado

keripik ubi kayu Bahan:
500 gram singkong, kupas, iris tipis
1/2 sendok teh garam

Bumbu:
3 sendok makan minyak
5 buah cabai merah, haluskan

1/2 sendok teh garam
4 sendok makan gula pasir
2 sendok makan air asam

Cara membuat:

  1. Singkong diiris tipis.
  2. Didihkan 3 gelas air dengan garam.
  3. Masukkan singkong. Masak sampai mengapung. Angkat, tiriskan.
  4. Panaskan minyak. Goreng singkong sampai garing. Sisihkan.
  5. Panaskan minyak. Tumis cabai, garam, gula, air asam. Aduk-aduk.
  6. Masukkan singkong. Aduk rata. Angkat.

( BY : FENI HERLIANA UTAMI              IX D )

Leave a comment »

sate……………ala Pepy

SATE....

Sate atau kadangkala ditulis satay atau satai adalah makanan yang terbuat dari potongan daging (ayam, kambing, domba, sapi, babi, ikan, dan lain-lain) yang dipotong kecil-kecil,dan ditusuki dengan tusukan sate yang biasanya dibuat dari bambu, kemudian dibakar menggunakan bara arang kayu. Sate kemudian disajikan dengan berbagai macam bumbu (bergantung pada variasi resep sate). Sate diketahui berasal dari Jawa, Indonesia, tetapi sate juga populer di negara-negara Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia, Singapura, Filipina dan Thailand. Sate juga populer di Belanda yang dipengaruhi masakan Indonesia yang dulu merupakan koloninya. Versi Jepang disebut yakitori. Resep dan cara pembuatan sate beraneka ragam bergantung variasi dan resep masing-masing daerah. Hampir segala jenis daging bisa dibuat sate. Sebagai negara asal mula sate, Indonesia memiliki variasi resep sate yang kaya, lihat daftar sate. Biasanya sate diberi saus. Saus ini bisa berupa sambal kecap, sambal kacang, atau yang lainnya. Untuk sate bebek Tambak menu lengkapnya adalah sate, saus bumbu manis kacang tanah atau bumbu pedas (menurut selera) dan irisan tomat serta mentimun. Lalu sate dimakan dengan nasi hangat atau, kalau di beberapa daerah disajikan dengan lontong. Kadang-kadang sate dimakan dengan ketupat.

Jenis sate

Menurut bahan daging

sate ayam, sate buntel, sate kambing, sate kerang, sate kalong (terbuat dari daging kerbau), sate lalat (terbuat dari daging kambing atau ayam), sate lembat, sate pentul, sate sapi, sate udang, sate babi, sate kelinci, sate telor muda, sate torpedo, sate babi, sate jamu, sate penyu, sate siput, sate ular

Menurut daerah

sate Banjar, sate Betawi, sate Blora, sate Madura, sate Maranggi, sate Matang, sate Padang, sate Ponorogo, sate Tegal, sate sapi khas Ungaran, sate rambat (sate monyet)

RESEP MASAKAN SATE ‘ALA PEPI

Sate Mataram

Bahan:
250 gr daging sapi, potong dadu 2 x 2 cm
4 btr bawang merah, iris halus
4 siung bawang putih, iris halus
2 cm lengkuas
1 sdm asem jawa
75 ml air
garam secukupnya
10 – 15 bh tusuk sate

Cara membuatnya:
Bawang merah, putih dan lengkuas dihaluskan. Campur dengan asem dan air, aduk hingga rata. Siram campuran ke atas daging, remas-remas rata dan biarkan selama 30 menit. Tusuk daging ke tusukan sate dan bakar hingga matang. Sajikan dengan sambal kecap.

Sate Lilit

15 September, 2007 pada 8:43 am · Disimpan dalam Sapi, Sate

Bahan:
500 gr daging sapi giling
10 ml air jeruk limau
100 ml santan kental
15 – 20 bh tusuk sate, rendam 1 jam dalam air sebelum digunakan.

Haluskan:
4 bh cabe merah
5 bh cabe rawit
2 sdm bawang merah goreng
1 sdt merica bulat
1/2 sdt gula
garam

Cara membuatnya:
Campur daging dengan bumbu halus, air jeruk dan santan hingga menjadi adonan yang kental. Padatkan adonan dan tusuk dengan tusuk sate hingga sepanjang 1/2 panjang tusuk sate. Bakar sate diatas bara api sambil dibolak-balik hingga sate matang dan berwarna kecoklatan.
Angkat dan sajikan.


Sate Buntel

15 September, 2007 pada 8:42 am · Disimpan dalam Kambing, Sate

Bahan:
250 gram daging kambing, cincang
10 – 12 bh tusuk sate
Aluminium foil

Haluskan:
4 btr bawang merah
1/2 sdt ketumbar sangrai
garam dan merica

Sambal Kecap :
6 bh cabe rawit, iris bulat
6 bh bawang merah, iris halus
4 sdm kecap manis
kecap asin
1 bh 1 sdm jeruk limau, belah dua

Cara membuatnya:
Campur bumbu halus dengan daging kambing dan buatlah bulatan memanjang (menyerupai bakso tapi agak memanjang). Tusuk tiap bulatan dengan 1 tusuk sate lalu bungkus bulatannya dengan aluminium foil dan kukus hingga matang. Buang aluminium foilnya dan bakar atau panggang sebentar. Campur semua bahan untuk sambal kecap dan sajikan sate dengan sambal kecap.


Sate Jamur

15 Agustus, 2007 pada 5:59 am · Disimpan dalam Khas Daerah, Sate

Jamur merang atau jamur kancing. Jamur merang tidak perlu dipotong namun kalau jamur kancing sebaiknya bagi dua atau empat. Potongan jamur (atau bulatan jamur) ini

kemudian ditumis matang dengan ulekan bumbu-bumbu :

ulek bawang merah,

bawang putih,

jahe lengkuas parut,

cabe merah sedikit.

Tumis jamur dan bumbu ulek ini, tambahkan garam

tusukan sate) kira-kira 5 s/d 7 jamur satu tusukan, dan atur di atas piring .

Tambahkan bumbu pecel (tanpa trasi) yang telah dimasak dengan air panas.

Tambahkan irisan kecil-kecil cabe rawit dan bawang merah mentah secukupnya. Kemudian tambahkan sari jeruk atau jeruk nipis (Lemon juga mentah).

Tambahkan sedikit kecap manis kalau perlu.

Sebaiknya bumbu sate disajikan sesuai dengan selera daerah masing-masing, seandainya bumbu pecel tanpa trasi tidak tersedia. Bisa juga bumbu kacang diganti dengan bumbu kecap yang diperkaya dengan irisan tomat, cabe rawit dan bawang merah mentah secara kecil. Cari kecap daerah kegemaran anda.

Komentar (6)

Sate Padang

29 Maret, 2007 pada 3:46 am · Disimpan dalam Khas Daerah, Sapi, Sate

Sate Padang sangat terkenal dan digemari oleh banyak orang. Dimana mana sepertinya ada warung sate yang menjual Sate ala Sumatera Barat ini

Ingredients:

  • Daging 1/2 kg.
  • Cabe 1/4 ons (tergantung kesukaan)
  • Merica, ketumbar, jinten, masing”nya 1 st
  • Jahe, junyit, sereh, lengkuas, masing”nya seibu jari.
  • Daun kunyit, d.jeruk.
  • Bawang merah 8 siung
  • Bawang putih 4 siung
  • 1/2 cangkir tepung beras, dan garam secukupnya.

Recipe Properties:

  1. Semua bumbu, kecuali lengkuas, d.jeruk, & d.kunyit, dihaluskan
  2. Rebus daging bersama bumbusemua bumbu, sampai matang
  3. Angkat daging, lalu potong” kecil, dan tusuk dgn lidi sate.
  4. Tepung beras dilarutkan dlm air lalu dimasukkan kedlam air rebusan daging, terus direbus sampai kental, seperti bubur.
  5. Siramkan bumbu tsb diatas sate.
  6. Dihidangkan hangat” bersama ketupat/lontong.

(BY : PEPI PERTIWI           IX D )

Leave a comment »

CIRENG

Cireng atau dapat disebut juga dengan Aci Goreng merupakan makanan khas Sunda. Cireng termasuk ke dalam makanan strata menengah – bawah. Cireng dalam bentuk berbeda biasanya dijual untuk konsumsi murid-murid SD. Makanan ini cukup terkenal pada era 80-an. Bahan makanan ini antara lain terdiri dari tepung kanji, tepung terigu, air, merica bubuk, garam, bawang putih, kedelai, daun bawang dan minyak goreng.

Bahan:

  • 100 g tepung kanji
  • 1 sdm tepung terigu
  • 75 ml air
  • ½ sdt merica bubuk
  • 1 sdt garam
  • 1 siung bawang putih, parut
  • 30 g kedelai putih, rendam hingga lunak, tiriskan
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • minyak goreng

Cara membuat:

  • Aduk tepung dengan air, merica, dan garam hingga rata.
  • Tambahkan bahan lainnya, aduk rata.
  • Goreng sesendok demi sesendok hingga kuning dan kering. Angkat dan tiriskan.

Sajikan

  • sajikan hangat dengan cabai rawit.
  • Untuk 10 buah

Nama ; RESTI ROSILAWATI

KElAS ; 9D

Leave a comment »

SUSHI………………

nama:Cynthia Mahardika

kelas: 9d

sushi adalah salah satu jenis makanan yang sedang ngetrend saat ini. Sushi semakin mudah didapatkan, baik di resto-resto sushi yang bertebaran di mana-mana, gerai-gerai sushi di food court, sampai di supermarket sekalipun. Makan sushi telah menjadi bagian dari gaya hidup anak muda saat ini, seperti makan hotdog atau hamburger dua puluh tahun yang lalu.

Bisa jadi yang terbayang olehmu saat mendengar kata “sushi” adalah ikan mentah yang amis dan anyep (Jawa: dingin). Memang benar, sushi seringkali terdiri dari ikan mentah, tapi nggak hanya sebatas itu. Mau tau lebih banyak?

Sejarah ribuan tahun

Kata sushi sendiri sebenarnya merujuk pada nasi yang dibumbui, yang menjadi bahan dasar “sushi” yang kita kenal. Ikan mentahnya sendiri, lebih tepat disebut sashimi. Tapi sekarang ini, secara umum sushi adalah potongan makanan yang terdiri dari ikan (biasanya mentah) di atas nasi yang diberi sedikit cuka dan bumbu lainnya. Seringkali juga dibubuhi nori alias lembaran rumput laut, yang awalnya berguna untuk memegang agar tangan nggak lengket.
Kalau kita mengatakan sushi berasal dari Jepang, ternyata hal itu nggak sepenuhnya benar. Hampir dua ribu tahun yang lalu, di daratan Cina orang sudah mengkonsumsi ikan mentah yang diawetkan dengan nasi. Yaitu dengan membiarkan ikan bersama nasi sampai nasi itu terfermentasi dan mengeluarkan zat yang dapat mengawetkan ikan. Ada pula yang mengatakan bahwa cara yang sama juga dikenal di Indocina.

Pada abad ketujuh cara ini mulai dikenal di Jepang, tetapi baru pada abad ketujuhbelas Matsumoto Yoshiichi mulai menjual ikan dengan nasi yang diberi cuka, sebagai cikal bakal sushi yang kita kenal sekarang. Saat ini sushi lebih menjadi makanan cepat saji atau kudapan.

Nggak hanya digulung

Bentuk penyajian sushi yang paling umum tentunya yang digulung (rolls), yang dalam bahasa Jepang disebut makizushi. Gulungan ini terdiri dari nasi sushi, nori, serta ikan dan/atau sayuran. Ada yang disebut hosomaki alias gulungan kecil dengan nori di sisi luar, di mana satu porsi biasanya berisi sekitar enam potong. Ada pula uramaki, gulungan ukuran sedang dengan nori di dalam, yang biasanya terdiri dari enam atau delapan potong per porsinya. Sementara futomaki alias gulungan besar dengan nori di dalam ataupun di luar, satu porsi berisi sekitar empat potong.

Masih digulung, ada yang disebut handroll atau temakizushi. Sushi yang dibuat dari nori yang digulung berbentuk corong ini pun berisi nasi sushi dan ikan serta sayur-sayuran. Temaki biasanya dijual satuan, tapi juga relatif mudah dibuat sendiri karena nggak perlu mencetak dan menggulung nasi.

hosomaki


futomaki


uramaki


temakizushi


Sementara bentuk yang paling pertama dipopulerkan dan masih populer hingga sekarang adalah nigirizushi. Cara membuatnya adalah dengan membentuk segumpal nasi sushi sebesar ibu jari. Di atasnya diletakkan potongan ikan seperti tuna (maguro) atau salmon (shake), tapi bisa juga udang (ebi), belut (unagi), cumi, gurita atau telur dadar (tamago).

Masih bersaudara dengan nigiri, ada gunkan nigiri. Gunkan berarti kapal, dan sushi jenis ini dijuluki demikian karena bentuknya yang seperti kapal. Seperti nigiri, nasi juga dibentuk gumpalan, tetapi dibungkus sekelilingnya dengan nori. Biasanya gunkan berisikan telur ikan, misalnya telur salmon yang berwarna kemerahan dengan garis tengah 5 milimeter (ikura) atau tobiko (caviar).

Nigiri dan gunkan sushi biasanya dijual berpasangan.


gunkan sushi


Sebenarnya ada beberapa cara penyajian lainnya. Churashi-zushi (scattered) misalnya, sangat jauh berbeda dengan sushi yang selama ini kita kenal. Nasi sushi, ikan dan bahan-bahan lain disajikan dalam mangkuk. Atau oshizushi, di mana nasi dan ikan dicetak dalam kotak kayu persegi panjang, kemudian dipotong-potong. Sementara inarizushi adalah nasi sushi yang dimasukkan ke dalam aburage, tahu jepang yang digoreng dalam minyak yang banyak.

churashi sushi


inarizushi

Teman makan sushi

Pelengkap saat menyantap sushi yang paling umum adalah shoyu alias kecap Jepang. Shoyu yang biasa disajikan adalah yang bercita rasa asin, tetapi sebenarnya ada juga yang lebih manis. Selain itu ada gari alias manisan jahe berwarna merah muda, yang dapat mengurangi rasa amis ikan dan menetralkan indera perasa kita di antara berbagai rasa ikan.

Tapi yang paling populer sekaligus “menantang” adalah wasabi. Krim dengan rasa pedas yang menyengat ke hidung ini terbuat dari umbi sejenis lobak yang tumbuh di Jepang. Di sana wasabi nggak hanya disajikan sebagai pelengkap sushi, tapi juga untuk menemani sajian-sajian lain. Wasabi memiliki kandungan antibakteri yang tentunya sangat tepat untuk dimakan bersama ikan mentah.

Sebenarnya wasabi yang asli warnanya nggak hijau dan teksturnya nggak berbentuk krim seperti yang kita kenal, melainkan agak kekuningan dan berwujud parutan dari lobak tersebut. Wasabi yang biasa kita jumpai dalam bentuk krim kehijauan biasanya adalah bubuk yang dilarutkan dalam sedikit air. Kandungannya nggak lagi murni dari lobak wasabi, melainkan dicampur dengan sedikit mustard, lobak biasa, dan pewarna. Semua ini semata-mata karena lobak wasabi sangat sulit tumbuhnya, sehingga harganya menjadi sangat mahal.

Biasanya kita mencampur sedikit wasabi ke dalam shoyu. Perlu sedikit pengalaman untuk mengetahui berapa banyak wasabi yang dicampurkan, dan perlu sedikit latihan untuk terbiasa dengan rasa pedas wasabi yang berbeda dengan rasa pedas cabai atau merica. Kemudian sushi dicelupkan sebentar kedalam shoyu, (Sunda: dicocol), sedapat mungkin hanya bagian ikannya. Ini tentu tergantung bentuk sushi yang kita santap. Nasi akan menyerap terlalu banyak cairan sehingga rasanya menjadi terlalu intens.

Tips untuk Pemula

Sebagai pemula yang masih “geli” dengan bayangan memakan ikan mentah, kamu bisa mencoba sushi yang “matang”. Udang misalnya, biasanya selalu direbus. Sementara belut (unagi) selalu digoreng kering. Bahkan ada sushi yang berisikan tempura, misalnya Dynamite Roll. Atau mungkin kamu ingin mencoba vegetarian sushi, misalnya yang berisikan timun (kappa maki) atau avokad. Ada juga sushi dengan telur dadar (tamago).

Mulailah dari sushi jenis maki, dan bukan nigiri. Maki “menyembunyikan” ikan di dalam gulungan nasi dan nori, serta seringkali diberi saus seperti mayones yang menghilangkan bau amis ikan. Dan pilihlah jenis ikan yang nggak terlalu amis seperti tuna atau salmon.

Di Amerika Serikat sushi berkembang sangat pesat. Di sana banyak tercipta variasi-variasi sushi baru yang dijuluki fusion sushi, yang malah seringkali lebih populer dibanding sushi tradisional. Fusion sushi juga patut dicoba oleh pemula, karena terdiri dari bahan-bahan yang cukup familiar di lidah kita. Lihat saja beberapa contohnya:

  • Philly Roll, maki yang berisi salmon asap, Philadelphia cream cheese, avokad dan daun bawang
  • California Roll, maki yang berisi surimi (daging kepiting tiruan), avokad, timun dan bagian luarnya ditaburi tobiko (telur ikan).
  • Hawaiian Roll, maki yang berisi unagi, avokad, dan kacang Macadamia.
  • Boston Roll, maki serupa California Roll, tapi menggunakan udang sebagai pengganti surimi.

Sushi yang matang begini juga sah-sah saja dikonsumsi oleh ibu hamil, yang tentunya disarankan untuk nggak mengkonsumsi makanan mentah. Bahkan karena ikan mengandung omega-3 yang bermanfaat untuk perkembangan otak janin dan rendah lemak.

Leave a comment »

Nasi goremg….ala:Anselma……….

Resep Bahan Nasi Goreng Istimewa :

  • 4 piring nasi putih
  • 200 gram udang, kupas, belah dua, garami, goreng
  • 100 gram daging kepiting/rajungan, rebus, tumis dengan mentega
  • 1 dada ayam, rebus, suwir-suwir dagingnya
  • 4 butir telur, buat mata sapi
  • 2 sendok makan mentega
  • 2 sendok teh puree tomat
  • ketimun dan tomat secukupnya


Resep Bumbu Halus Nasi Goreng Istimewa (dihaluskan) :

  • 6 buah cabai merah, rebus, buang bijinya
  • 10 buah bawang merah
  • 1 cm terasi
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 2 sendok teh garam


Cara Membuat Nasi Goreng Istimewa :

  1. Tumis bumbu halus dengan mentega, tuangkan 2 sendok makan air serta puree tomat. Tambahkan daging ayam, aduk rata. Masukkan nasi, masak sampai matang.
  2. Hidangkan nasi goreng dengan menaruh di atasya kepiting, udang goreng, telur mata sapi, irisan ketimun dan tomat.

Leave a comment »

Sambal balado…….khas:Anselma…….

Bahan, haluskan:
100 gr cabe setan (sejenis cabe keriting)
50 gr bawang merah
150 gr tomat merah
garam

gula pasir (bila suka)
minyak goreng secukupnya, untuk menumis

Cara membuat:
Tumis bumbu dengan api kecil sampai matang.
Terakhir tambahkan gula pasir, cicipi rasanya, angkat.
Siap diaduk dengan ikan, ayam, udang, terong…
Bahkan enak juga dipakai sebagai bumbu nasi goreng. 

Leave a comment »

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.